Wednesday, 25 March 2020 16:50

Lockdown, Monitoring, dan Social Distancing STIE YPUP

Written by

Menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 440/1972/B.um.UM 2020 tentang Himbauan Kepada Masyarakat Di Sulawesi Selatan Terkait Pencegahan Penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta Surat Edaran Walikota Makasssar Nomor 440/83/DKK/III/2020 tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penularan COVID-19 di Kota Makassar, maka diinformasikan sebagai berikut:

Lockdown sistem perkuliahan

  1. Semua sistem perkuliahan di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar [Program Studi Magister Manajemen, Program Studi Manajemen (kelas reguler maupun kelas malam), dan Program Studi Akuntansi (kelas reguler maupun kelas malam)] yang dilakukan dengan metode konvensional/tatap muka di kelas akan dilakukan lockdown mulai tanggal 22 Maret 2020 sampai batas waktu yang kondusif dan pembukaan lockdown akan diinformasikan secara resmi.
  2. Pelaksanaan lockdown HANYA berlaku pada sistem perkuliahan saja.
  3. Sistem perkuliahan yang sebelumnya menggunakan metode konvensional/tatap muka di kelas maupun metode blended learning secara penuh dialihkan dengan metode E-LEARNING, dimana dosen dan mahasiswa dapat menggunakan aplikasi teknologi (WhatsApp Group, Google Classroom maupun aplikasi lainnnya) untuk TETAP melaksanakan proses perkuliahan (termasuk absensi, pemberian materi maupun penugasan mahasiswa) pada mata kuliahnya secara DARING (online).
  4. Sistem perkuliahan dengan metode e-learning secara daring (online) WAJIB digunakan oleh seluruh civitas akademik (dosen dan mahasiswa), termasuk semua Dosen Tidak Tetap/DTT (dosen di luar homebase) yang mengajar di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar Oleh karena itu, semua civitas akademik harus mempelajari penggunaan metode e-learning SECARA MANDIRI yang panduannya dapat diperoleh dari berbagai sumber di internet.
  5. Berkaitan dengan mata kuliah yang sifatnya berupa praktek/praktikum, maka sistem perkuliahannya perlu menyesuaikan dengan mengajarkan teori atau konsep dulu secara daring, apabila sudah diinformasikan mengenai pembukaan lockdown, dosen dapat menggunakan sistem konvensional/tatap muka di kelas.
  6. Bagi dosen yang membutuhkan kontak person perwakilan mahasiswa di kelas pada mata kuliah yang diampunya, dapat menghubungi PUSDATIN maupun PROGRAM STUDI.
  7. Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan KKLP pada Semester Genap TA 2019/2020, prosesnya tetap berjalan, namun wajib menyesuaikan dengan ketentuan dan prosedur yang diterapkan oleh masing-masing institusinya. Teknis pengawasan dalam pelaksanaan KKLP dilakukan oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar.

Sistem monitoring perkuliahan

  • Sehubungan dengan penggunaan metode e-learning pada sistem perkuliahan, maka sistem monitoring perkuliahan juga dilakukan secara DARING (online), dimana dosen yang sudah melaksanakan kewajiban perkuliahannya dapat menunjukkan bukti pelaksanaan proses perkuliahan setiap pertemuan yang sudah dilakukannya dengan cara mengirimkan bukti printscreen (dalam format JPG) dari WhatsApp Group, Google Classroom maupun aplikasi lainnnya melalui email dengan subjek sebagai berikut: nama dosen_matakuliah_kelas_pertemuan ke-. [Contoh: Helmy Syamsuri_ Statistik 2_MK 4.1_Pertemuan ke-1].
  • Pengiriman bukti pelaksanaan proses perkuliahan setiap pertemuan dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah melalui email sebagai berikut:
    1. Program Studi MM : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.mm.This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    2. Program Studi Manajemen : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.mk.This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    3. Program Studi Akuntansi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Bukti pelaksanaan proses perkuliahan setiap pertemuan tersebut akan dilakukan rekapitulasi oleh Bagian Monitoring untuk selanjutnya disampaikan ke Wakil Ketua II.
  • Dosen yang mengajar di luar homebase-nya, pengiriman bukti pelaksanaan proses perkuliahan di setiap pertemuan sesuai dengan SK penugasannya. Misalnya: Rahmawati Umar (homebase di Program Studi Manajemen) mengajar mata kuliah Pengantar Manajemen di Program Studi Akuntansi (sesuai SK penugasan), maka pengiriman bukti pelaksanaan proses perkuliahannya melalui email Program Studi Akuntansi (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).
  • Sistem monitoring pada mahasiswa yang sedang melaksanakan KKLP akan diatur secara teknis oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar.
  • Sehubungan dengan penyelenggaraan sistem perkuliahan di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar dengan metode e-learning, diharapkan pelaksanaannya tanpa mengurangi kualitas proses pembelajaran. Hal tersebut karena pelaksanaan e-learning akan dijadikan sebagai report ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, sehingga akan dilakukan pengawasan dan assessment secara periodik, baik oleh internal kampus (Lembaga Penjaminan Mutu, Bagian Monitoring, dan Pimpinan) maupun institusi eksternal (Ditjen Dikti Kemdikbud dan LLDIKTI Wilayah IX). Oleh karena itu, apabila ditemukan tidak adanya pelaksanaan proses perkuliahan secara DARING oleh dosen pengampu mata kuliah, maka dosen tersebut akan mendapatkan SANKSI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penerapan Social Distancing

  • Pelayanan dan pengesahan tetap berjalan seperti biasa, sehingga apabila mahasiswa akan melakukan konsultasi maupun pengesahan pada KRS, KHS, KKLP, tesis (ujian seminar), skripsi (ujian seminar), maupun pelayanan administrasi akademik lainnya, maka dosen dapat mengatur waktu pertemuan dengan mahasiswanya, namun perlu menghindari kontak fisik secara langsung, dan menerapkan social distancing.
  • Pelayanan administrasi akademik maupun administrasi lainnya kepada mahasiswa tetap berjalan seperti biasanya oleh masing-masing Unit Kerja di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar dan sesuai dengan jam kerja, namun perlu menghindari kontak fisik secara langsung, dan model pelayanan (serah terima berkas/dokumen) menggunakan model antrian atau model lainnya dengan menerapkan social distancing.
  • Pelaksanaan ujian seminar skripsi/tesis (proposal, hasil, maupun tutup) tetap berjalan seperti biasanya dan sesuai dengan ketentuan, yang berada di bawah koordinasi masing-masing Program Studi, namun perlu menghindari kontak fisik secara langsung, dan model pelayanan (serah terima berkas/dokumen) menggunakan model antrian atau model lainnya dengan menerapkan social distancing.
  • Pelaksanaan Yudisium tetap berjalan seperti biasanya dan sesuai dengan ketentuan, yang berada di bawah koordinasi masing-masing Program Studi, namun perlu menghindari kontak fisik secara langsung, dan model pelayanan (serah terima berkas/dokumen) menggunakan model antrian atau model lainnya dengan menerapkan social distancing.

Demikian surat ini dibuat dan berlaku untuk semua Program Studi di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar, sebagai langkah antisipasi dan preventif terhadap pandemi COVID-19. Semoga seluruh civitas akademik di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar beserta keluarga dijauhkan dari penyakit COVID-19. Amin. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Link Surat

Read 64 times
logoicon  Jl. Andi Tonro No. 17
 Telp. (0411) 854974 – 871890
 Fax. (0411) 830520
 Makassar, Sulawesi Selatan

Pengunjung Web

Hari Ini 22

Total 12458

Currently are 6 guests and no members online

MENELITI DAN
MENGABDI
DEMI BANGSA

© 2020 LPPM STIE YPUP. All Rights Reserved.